Jika di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai AC baru yang baru dipasang namun sudah tidak dingin lagi beserta alasan-alasannya. Maka kali ini kita akan mengulas mengenai AC lama Anda yang sudah tidak dingin lagi. Cek ulasannya berikut ini ya..

  1. Filter Udara Kotor

Filter udara pada semua AC terbaik yang sudah lama dipasang memang rawan kotor mengingat posisinya yang tersembunyi. Kotoran yang menumpuk dalam filter AC bisa membuat saluran tersumbat hingga bocor. Akibatnya tentu saja AC Anda akan berkurang dinginnya. Satu-satunya jalan untuk mengatasi filter udara kotor adalah dengan menservis AC terbaik setidaknya 3 bulan sekali.

  1. Coil AC Terbaik Kotor

Mayoritas orang yang memiliki AC terbaik hanya memahami tentang bagian luar AC, tanpa mau tahu tentang beberapa komponen AC lain yang tidak terlihat langsung. Padahal kiner AC terbaik bisa optimal asalkan semua komponennya bekerja dengan maksimal. Salah satu alasan kenapa AC lama Anda tidak dingin lagi adalah kondisi coil AC yang kotor. Kondisi ini membuat AC terbaik tidak bisa mempertahankan temperature yang diinginkan.

  1. Kompresor AC Terbaik Bermasalah

Poin ketiga ini sebenarnya berhubungan dengan poin kedua, di mana Coil AC yang kotor juga membuat kompresor AC bekerja terus menerus demi mencapai dan mempertahankan temperatur yang diinginkan. Kompresor AC yang dipaksa bekerja terus-menerus bisa saja mengakibatkan kompresor bermasalah dan akhirnya kompresor bisa saja rusak.

  1. Kurangnya Freon Pada AC Terbaik

Seperti yang sudah kita bahas di beberapa artikel sebelumnya bahwa Freon AC sebenarnya tidak perlu diisi ulang jika memang AC terbaik Anda masih berusia di bawah 2 tahun. Jika usia AC Anda sudah 3-5 tahun maka kemungkinan AC Anda memang membutuhkan isi ulang Freon. Namun jika usia AC masih tergolong baru tapi sudah tidak terlalu dingin  maka bisa saja iinstalasi AC yang tidak benar hingga menimbulkan kebocoran pada pipa ataupun evaporator.

Sebenarnya masih ada beberapa alasan lain yang membuat AC terbaik Anda (AC lama) tidak dingin lagi yaitu kerusakan pada thermostat C, kerusakan pada thermistor dan juga kerusakan pada control board.

Kenapa AC Lama Anda Sudah Tidak Dingin 2